Iklan Billboard 970x250

Sholat yg benar

Sholat yg benar

MENGUCAPKAN ‘AMIN DALAM SHALAT

Mengucapkan kata ‘amin setelah bacaan Surah Al-Fatihah dalam shalat adalah sunnah bagi setiap orang yang menjalankan shalat, merujuk hadis narasi Abu Hurairah r.a. bahwasannya Nabi Muhammad SAW bersabda:
“jika imam mengucapkan ‘amin, maka aminlah kalian, sebab barang siapa yang bacaan ‘amin-nya bertepatan dengan bacaan ‘amin para malaikat, maka diampunilah dosa-dosanya yang telah lalu.”

CARA TURUN UNTUK SUJUD DAN BANGKIT DARI SUJUD

Dalam hal ini ada dua cara yang disyariatkan:

Pertama, dimulai dengan meletakkan kedua lutut sebelum meletakkan kedua tangan ketika ingin sujud, kemudian mengangkat wajah lalu tangan kemudian lutut ketika bangkit dan berdiri. Cara ini merujuk pada penuturan Wa’il bin Hajar: Aku melihat Nabi Muhammad SAW meletakkan kedua lututnya sebelum kedua tangannya ketika hendak sujud, dan ketika hendak bangkit beliau mengangkat kedua tangannya terlebih dahulu sebelum kedua lututnya. Ini adalah pendapat mayoritas ulama’.

Kedua, mendahulukan kedua tangan dan mengakhirkan kedua lutut ketika mau sujud, dan mengangkat kedua lutut terlebih dahulu baru kemudian kedua tangan ketika hendak bangkit dari sujud. Cara ini merujuk pada hadis nasrasi Abu Hurairah r.a. bahwasannya Nabi Muhammad SAW bersabda:

“jika salah seorang kalian hendak sujud, janganlah ia menderum sebagaimana derum unta dan hendaklah ia meletakkan kedua tangannya terlebih dahulu sebelum kedua lututnya.”

Menurut penulis, dari beberapa pendapat yang ada, penulis hanya ingin kembali menyampaikan apa yang dikatakan Imam An-nawawi: “Tidak ada segi yang dapat diunggulkan diantara kedua pendapat yang ada.” karena itu, kedua cara tersebut sama-sama disyariatkan, dan yang diperselisihkan hanyalah soal keafdhalan (mana yang lebih afdhal diantara keduanya), sehingga cara apapun yang digunakan, maka shalatnya seseorang tetap sah.

BERDOA SEBELUM SALAM
Diantara sunnah shalat yang lain adalah berdo’a untukm dirinya sendiri, untuk kedua orang tua, dan untuk semua orang mukmin yang ia mau, memohon kebaikan dunia dan akhirat. Nabi SAW bersabda dalam hadis narasi Ibnu Mas’ud mengenai masalah tasyahud “kemudian hendaklah salah seorang kalian memilih-milih do’a yang ia sukai, dan kalau berdo’a dengan do’a tersebut.”

Diriwayatkan juga dari Abu Hurairah r.a. bahwasannya Nabi SAW bersabda:
“jika salah seorang kalian selesai membaca tasyahud akhir, maka hendaklah ia memohon perlindungan kepada Allah dari empat hal: dari siksa neraka Jahannam, dari siksa kubur, dari fitnah hidup dan mati, dan dari kejahatan Masih Ad-Dajal.”

 Cara Salam
Sebagai pertanda keluar (selesai) dari shalat, imam seyogyanya mengucapkan salam dan mengeraskannya dengan kadar yang dapat didengar oleh ma’mum. Sedangkan orang yang menyempurnakan shalatnya dan shalat sendirian, mereka cukup mengucapkan salam yang dapat didengar oleh dirinya sendiri, dengan menolehkan wajah ke kanan kemudian ke
 Kiri ketika salam.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Iklan Tengah Post