Iklan Billboard 970x250

Rasulullah SAW

Rasulullah SAW


MENGENAL RASULULLAH DARI DEKAT

SANDAL Rasulullah terbuat dari kulit domba. Ketika beliau mi'raj dan berjumpa dengan Allah, Dia tidak memerintahkan beliau melepaskannya. Padahal, di sisi lain, Allah memerintahkan kepada Nabi Musa AS agar melepas sandalnya ketika mau berbincang dengan-Nya di Thursina.

إِنِّي أَنَا رَبُّكَ فَاخْلَعْ نَعْلَيْكَ ۖ إِنَّكَ بِالْوَادِ الْمُقَدَّسِ طُوًى

"Sesungguhnya Aku inilah Tuhanmu, maka tanggalkanlah kedua terompahmu; sesungguhnya kamu berada dilembah yang suci, Thuwa." (QS. Thaha ayat 12)

Syekh Yusuf bin Ismail an-Nabhani dan ulama lain menilai apabila benda apapun yang menempel di tubuh Rasulullah, maka juga ikut mulia. Termasuk sandal beliau. Terpercik keberkahan dan kemuliaan Baginda Rasulullah shalallahu alaihi wa salam.

RAMBUT Rasulullah shallallahu alaihi wasallam mencapai pertengahan kedua telinganya. Rambut beliau tidak keriting bergulung dan tidak pula lurus kaku, melainkan ikal bergelombang.
Pada mulanya, Rasulullah menyisir rambut ke belakang, kemudian beliau juga menyisir rambut ke kiri dan ke kanan. Hanya ada 14 uban di rambut dan janggut Rasulullah.

--- Tukang cukur Rasulullah bernama MA'MAR BIN NAHDLAH. Ketika dia mencukur rambut mulia Rasulullah, maka tidak ada satupun helai rambut beliau yang jatuh, kecuali sudah ada tangan-tangan para sahabat radliyallahu 'anhum yang menyambutnya.

--- ANAS BIN MALIK, abdi ndalem Rasulullah berwasiat agar sehelai rambut Rasulullah diletakkan di bawah lidahnya ketika dikubur, bersama dengan tongkat pemberian Rasulullah. Anas ingin agar ruhnya disambut oleh beliau sembari memanggilnya dengan panggilan kesayangan, "Ya Unais, Ya Unais...." (Hei Anas Kecil, Hei Anas Kecil).

--- KHALID BIN WALID meletakkan sehelai rambut Rasulullah di atas matanya dan terbiasa menciumnya. Khalid juga menaruh rambut beliau di penutup kepalanya dan selalu memenangkan perang ketika bertabarruk dengan rambut Rasulullah. Termasuk ketika dalam Perang Yarmuk yang brutal, helm perangnya jatuh, dia rela merangkak di atas tanah mencari helai rambut mulia Rasulullah yang dia letakkan di salah satu sisi topi perangnya. Khalid tidak pernah memenangkan pertempuran, kecuali di helm perangnya terdapat helai rambut mulia Rasulullah.

--- UMMU SALAMAH juga memiliki beberapa helai rambut Nabi Muhammad dalam sebuah botol perak. Jika orang jatuh sakit, mereka akan pergi dan mendapat barokah lewat rambut-rambut itu dan mereka akan sembuh dengan sarana barakah itu.

--- Rasulullah mengandalkan para pemuda sebagai delegasi damai. Mu'adz bin Jabal ke Yaman, Mush'ab bin Umair ke Madinah, Ja'far bin Abi Thalib ke Habasyah, Hathib bin Baltha'ah ke Mesir, dll. Termasuk ke mancanegara: Romawi, Persia, Oman, Bahrain, dan suku-suku di kawasan Arab. Mayoritas adalah para pemuda. Menilik dialog antara para duta Islam ini dengan para penguasa yang didatangi, mereka sudah dikader oleh Rasulullah dengan penguasaan di bidang etika, logika dan retorika. Menarik, bukan? 
----
Beberapa poin yang saya sampaikan dalam Peringatan Maulid Nabi 1441 H yang digelar oleh UKM Seni Qur'ani Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA), Jumat, 22 November 2019.

Terimakasih Prof. Kacung Marijan dan Ustadz Romdloni Afwan.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Iklan Tengah Post